KALKULATOR
Dosen pengampu:
Bpk. AHMAD LUTFI S.KOM
Oleh:
Nama
: HAMIDAH
NIM
: 2015041089
Smt : II (Dua)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER IBRAHIMY
TAHUN
AJARAN 2016 -2017
Kata Pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh.
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. karena atas
limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah tentang
KALKULATOR dengan baik tanpa kurang suatu apapun. Tak lupa kami juga berterima
kasih kepada Bapak AHMAD LUFI S.KOM yang sudah memberikan tugas ini.
Kami selaku penulis berharap semoga
kelak makalah ini dapat berguna dan juga bermanfaat serta menambah wawasan
tentang pengetahuan kita semua tentang KALKULATOR dan mengenai dampak positif dan Negatif yang
ditimbulkan.
Semoga makalah yang sederhana ini bisa dengan mudah di mengerti dan dapat di
pahami maknanya. Kami minta maaf bila ada kesalahan kata dalam penulisan
makalah ini, serta bila ada kalimat yang kurang berkenan di hati pembaca. [1]
Sukorejo,
02 April 2016
Penulis
A. Kesimpulan
B. Saran
BAB I
PENDAHULUAN
Tak dapat di pungkiri jika kemajuan
teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan
banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana,
hingga yang menghebohkan dunia.[2]
Kalkulator adalah alat portable, kecil, dan umumnya tidak
mahal. untuk melakukan operasi aritmatik sederhana maupun kompleks. Kalkulator
modern jaman sekarang lebih portable atau mudah dibawa dibandingkan komputer.
Namun, PDA dan telepon genggam setara dengan ukuran kalkulator dan kemungkinan
akan menggantikan mereka.[3]
Kalkulator yang kita gunakan
sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja, melainkan melalui proses
yang panjang dalam pembuatannya. munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam
kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan
di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai
alat perhitungan manual yang pertama. Aplikasi kalkulator sederhana ini dari
dulu hingga sekarang tetap digunakan. Dalam peradaban zaman kalkulator terus
berkembang mulai dari kalkulator kuno yang dibuat dari kayu dengan sederatan
manik manik hingga kalkulator modern dengan software software populer.
Namun Ini hanya alat sederhana semoga bisa
digunakna dan bagi siapapun yang membutuhkan informasi tentang kalkulator,
semoga makalah sederhana ini bermanfaat.
RUMUSAN MASLAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka rumusan
masalah dalam makalah ini, adalah :
ü Bagaimana sejarah Kalkulaor dari
Masa Kemasa ?
ü Bagaimana proses pembuatan Kalkulator
dengan software Visual Stodio?
ü Apakah dampak positif dan negatif
Kalkulator?
TUJUAN
Tujuan
dari penulisan ini adalah sebagai tugas Bahasa ndonesia, serta agar bisa menguji kemampuan Kami, Sejauh mana Kami
bisa menerapkan ilmu yang telah di pelajari.
BAB
II
PEMBAHASAN
ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIKAbacus, yang muncul
sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.
Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.
Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin
komputasi.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang
dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial..
Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial..
Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip
kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan.
Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik.
Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.
Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu.
Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.
Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger.
Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis.
Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan.
Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik.
Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.
Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu.
Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.
Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger.
Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis.
Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru
lainnya.
Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.
Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.
Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba
membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit
elektrik.
Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.
Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.
Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.[4]
Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.
Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.
Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.[4]
Untuk kalkulatornya
kita perlu sediakan :
· 7 Buah Komponen Button
·
1 Buah Komponen Group Box
·
3 Buah Komponen Text Box
·
4 Buah Komponen Label
Stepnya yaitu :
Stepnya yaitu :
Ø Buka VB anda seperti biasa, lalu Pilih
Standard Project, beri nama Projectnya Kalkulator.
·
KET:
Untuk Button 1-4 ubah textnya jadi +, - , X , / namenya biarkan saja
Untuk Button 1-4 ubah textnya jadi +, - , X , / namenya biarkan saja
·
Untuk Button 5 dan 6 ubah textnya jadi Mod dan Reset, dan button
7 diubah jadi "Close App” dan juga
ubah namenya seperti dibawah ;
·
Untuk Button 5 namenya jadi "Button6" ("Tombol
Mod")
·
Untuk Button 6 namenya jadi "Button7" ("Tombol
Reset")
·
Untuk Button 7 namenya jadi "Button8" ("Tombol
Close")
(kenapa saya sarankan button 5-7 diubah? karena di codingnya pasti akan beda.
(kenapa saya sarankan button 5-7 diubah? karena di codingnya pasti akan beda.
·
Untuk TextBox ubah namenya sbb:
·
TextBox1 = txt1
·
TextBox2 = txt2
·
TextBox3 = txthasil
·
Untuk label dan GroupBox
sesuaikan saja textnya.
Ø Jika sudah selesai
design dan merubah semua buttonnya, silahkan simak codingnya
Code:
Public Class Form1
Private Sub
Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button7.Click
txt1.Text =
""
txt2.Text =
""
txthasil.Text =
""
End Sub
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
txthasil.Text =
Val(txt1.Text) + Val(txt2.Text)
End Sub
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
txthasil.Text =
Val(txt1.Text) - Val(txt2.Text)
End Sub
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button3.Click
txthasil.Text =
Val(txt1.Text) * Val(txt2.Text)
End Sub
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button4.Click
txthasil.Text =
Val(txt1.Text) / Val(txt2.Text)
End Sub
Private Sub
Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button6.Click
txthasil.Text =
Val(txt1.Text) Mod Val(txt2.Text)
End Sub
Private Sub
Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button8.Click
Dim keluar As MsgBoxResult
keluar =
MsgBox("Yakin Gak Mau Pakai Lagi :D?", MsgBoxStyle.YesNo,
"Warning Force Close")
If keluar =
MsgBoxResult.Yes Then
Close()
End If
End Sub
End Class
Daripada takut akan
bahaya yang mungkin timbul dari penggunaan kalkulator, penting untuk dipahami
bagaimana kalkulator berperan dalam mempelajari matematika. Dalam bagian ini
difokuskan pada kalkulator sederhana. Pembahasan tentang kalkulator untuk
membuat grafik akan menyusul.
Kalkulator bisa berarti
lebih dari sekedar alat untuk menghitung. Kalkulator juga dapat digunakan
secara efektif untuk mengembangkan konsep. Adding It Up: Helping
Children Learn Mathematics (NRC, 2001) memuat beberapa penelitian
jangka panjang yang telah menunjukkan bahwa siswa kelas 4-6 yang menggunakan
kalkulator meningkat pemahaman konsepnya.
Kalkulator adalah alat
yang sangat baik untuk drill yang tidak merlukan komputer atau piranti lunak.
Kalkulator TI-10 dan TI-15 sekarang mempunyai penyelesaian soal yang sudah
terprogram yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar fakta-fakta perhitungan,
mengembangkan daftar fakta yang terkait, dan menguji kesamaan atau
ketidaksamaan ekspresi aritmetika pada kedua sisi dari simbol hubungannya.
Sebuah kelas dapat
dibagi dengan satu bagian mengnakan kalkulator dan bagian lainnya menggunakan
penghitungan langsung. Untuk 3000 + 1765, kelompok yang menghitung langsung
selalu menang. Kelompok tersebut juga memenangkan perhitungan fakta-fakta
sederhana dan berbagai macam soal yang dapat dihitung secara mental oleh siswa.
Tentu saja, banyak sekali perhitungan, seperti 537 x 32, dimana mereka yang
menggunakan kalkulator akan menang. Contoh sederhana ini tidak hanya
menunjukkan latihan perhitungan mental, tetapi juga menunjukkan kepada siswa
bahwa kalkulator tidak selalu tepat untuk digunakan. Hasil penelitian telah
menunjukkan bahwa untuk pelajar dengan kemampuan rata-rata, penggunaan
kalkulator meningkatkan penguasaan keterampilan-keterampilan dasar (NRC, 2001).
Beberapa penelitian
telah menunjukkan bahwa penggunaan kalkulator memperbaiki kemampuan pemecahan
soal dari pelajar pada segala tingkatan untuk semua kelas (NRC, 2001).
Mekanisme perhitungan kadang dapat memecah perhatian siswa dari problem yang
mereka kerjakan. SambiI memahami arti dari operasi, siswa harus diperkenalkan
dengan soal nyata dengan bilangan-bilangan yang realistis. Bilangannya mungkin
di atas kemampuan mereka untuk menghitung, tetapi kalkulator membuat soal
nyata ini dapat diselesaikan.
Perhitungan dengan
tangan akan memakan waktu, terutama untuk siswa usia dini yang belum
mengembangkan penguasaan teknik-teknik perhitungan. Mengapa waktu harus
dihabiskan oleh siswa untuk menjumlahkan bilangan-bilangan untuk mencari
keIiling dari sebuah poIigon? Mengapa menghitung rata-rata, mencari persentase,
mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal, atau memecahkan beberapa soal dengan
metode pensil dan kertas ketika kemampuan berhitung bukan merupakan tujuan dari
pelajaran?
Sekarang ini, hampir
setiap orang menggunakan kalkulator dalam kehidupannya untuk melakukan
perhitungan kecuali anak-anak sekolah. Siswa harus diajarkan bagaimana untuk
menggunakan kalkulator, sebagai alat yang efektif yang mudah ditemukan, dan
juga belajar untuk menguji kebenaran dengan kalkulator apabila diperIukan.
Banyak orang dewasa tidak mempelajari bagaimana untuk
menggunakan sifat-sifat otomatis dari kalkulator dan tidak dilatih mengenaIi
dari kesalahan besar yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan kalkulator.
Penggunaan kalkulator secara efektif adalah sebuah keterampilan yang penting.
Ketarampilan ini paling baik dipelajari dengan cara menggunakan kalkulator
secara teratur dan penuh arti.
Pendapat yang berbeda
untuk penggunaan kalkukator sebagian besar adalah karena salah pengertian.
Mitos dan ketakutan tentang siswa yang tidak belajar karena menggunakan kalkulator
masih ada, walaupun sudah diketahui bahwa buktinya berkebalikan.
Setiap saran penggunaan
kalkulator pasti menjelaskan kepada orang tua bahwa penguasaan fakta-fakta
dasar, keterampilan perhitungan yang fleksibel, termasuk perhitungan mental,
tetap menjadi tujuan penting dalam kurikulum. Secara keseluruhan, Penelitian telah menunjukkan bahwa
keberadaan kalkulator tidak membawa pengaruh negatif pada kemampuan tradisional
(NRC, 2001). Meskipun data penilaian NAEP kedelapan menunjukkan penurunan dalam
prestasi bagi siswa kelas empat yang menggunakan kalkulator baik mingguan atau
setiap hari, penting untuk dicatat bahwa data yang sama menunjukkan hanya 5
persen dari guru-guru yang melaporkan. Pemakaian
kalkulator setiap hari dan hanya 21 persen guru yang melaporkan pemakaian
kalkulator mingguan.
Selain itu, bukti dari meta-analisis dari penggunaan
kalkulator menunjukkan adanya sedikit efek negatif dari penggunaan kalkulator
di antara siswa kelas empat tetapi bukan di antara siswa dari kelas-kelas yang
lain (NRC,200l).
Hal
ini menjadi salah satu bukti dari penelitian tentang penggunaan kalkulator yang
melibatkan siswa kelas empat. Yang paling penting, perhitungan dengan tangan
yang membosankan tidak melibatkan pemikiran atau pemahaman atau penyelesaian
soal. Atasan menginginkan karyawan yang dapat berpikir dan menyelesaikan soal
baru.
Berfikir secara matematis hampir semuanya melibatkan
perhitungan dengan tangan. Orang yang menggunakan kalkulator ketika
menyelesaikan soal menggunakan kepandaian mereka dalam hal yang lebih
penting-memahami, menduga, menguji ide-ide, dan menyelesaikan soal. Bila
digunakan secara benar, kalkulator mendukung proses belajar.
Mengikuti aturan untuk
perhitungan dengan pensil dan kertas hanya sedikit membantu siswa untuk
mengerti ide di belakangnya. Sebuah contoh buruk adalah metode pengurangan dan
perkalian untuk bagian pecahan. Hanya sedikit orang tua dan guru sekolah dasar
dapat menjelaskan mengapa metode ini dapat masuk akal.
Dan mereka semua sudah mendapat latihan panjang dengan
teknik tersebut. Untuk satu tingkatan atau yang lainnya, hal yang sama berlaku
untuk hampir semua prosedur .
Penting untuk menegaskan bahwa teknik perhitungan dengan
tangan tidak dapat sepenuhnya diabaikan dan eksplorasi awal sering paling baik
dilakukan tanpa menggunakan kalkulator. Guru harns memainkan peran dalam
mengatur eksplorasi di dalam kelas.
Kalkulator yang
dijauhkan dari siswa seperti buah terlarang. Saat diperbolehkan untuk
menggunakan kalkulator, siswa kadang menggunakan untuk tugas yang paling mudah.
Guru-guru pada kelas l0 ke atas
mengeluhkan bahwa siswa menggunakan kalkulator pada setiap waktu.
Penting bahwa penguasaan fakta-fakta dasar, perhitungan
mental, dan perhatian kepada teknik perhitungan dengan tangan tetap penting
bagi semua siswa.
Dalam pelajaran di mana keterampilan tersebut adalah
sebagai tujuannya, kalkulator harus secara terbatas digunakan. Ketika siswa
mempelajari kemampuan dasar di mana kalkulator tidak diperlukan, mereka jarang
menggunakan kalkulator secara tidak tepat.
Jika
kalkulator selalu ada untuk penggunaan yang tepat, siswa akan belajar kapan
dan bagaimana menggunakannya dengan baik.[6]
BABIII
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian bahasan di atas dapat disimpulkan
bahwa :
1.
visual basic adalah
sebuah runtutan cara penyelesaian untuk menjalankan program tertentu.
2.
visual basic tidak
dapat di buat secara sembarangan, karena
membutuhkan syntak untuk menghasilkan output yang akurat.
3.
Salah satu contoh
teknologi yang membutuhkan perhitungan visual basic adalah kalkulator. Segala
perhitungan yang dilakukan oleh kalkulator berasal dari visual basic. Diawali
dengan kita memasukkan angka pertama, diikuti dengan memasukkan tanda hitung
seperti plus, min, dll, sampai dengan menekan tombol “sama dengan” yang
akhirnya akan menunjukkan hasil dari perhitungan tersebut, semua itu
merupakan tugas dari visual basic.
4.
Teknologi merupakan sarana yang penting
untuk mengajar dan belajar matematika secara efektif; teknologi memperluas
matematika yang dapat diajarkan dan meningkatkan belajar siswa.
5.
Sedangakan keuntungan dari pada kalkulator
juga dapat kami simpulkan yang mana kalkulator Dapat Digunakan untuk
Mengembangkan Konsep, Drill, Meningkatkan Pemecahan Soal, Menghemat Waktu dan
Banyak Digunakan di Kehidupan Sehari-hari.
6.
Saran
Berdasarkan pembahasan diatas dapat diketahui bahwa pemahaman
tentang visual basic sangat penting. Oleh karena itu,beberapa hal yang dapat
dilakukan mahasiswa :
1.
Memahami dengan baik
tentang visual basic.
2. Mempelajari tentang pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan baik di sekolah atau
perguruan tinggi.
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
Diunduh 29 maret 2016 Diunduh 29
Maret 2016
http://adityaajiwardana.blog.st3telkom.ac.id/2014/04/16/sejarah-perkembangan-kalkulator/ Diunduh
31 Maret 2016
(http://forum.winpoin.com/threads/cara-membuat-kalkulator-sederhana-dengan-vb-2010.5072/ Diunduh 31 Maret 2016
.http://karmawati-yusuf.blogspot.co.id/2009/01/kalkulator-dalam-pembelajaran_08.html Diunduh
31 Maret 2016
Curriculum Vitae
|
Nama : HAMIDAH
Tempat, Tanggal lahir :
Sampang, 29 Juni 1996
Agama : Islam
Alamat rumah :Sampan
Madura
No.Telpon : 087849524555
Email : meidahamidah80@gmail.com
Riwayat Pendidikan
Pendidikan Formal:
2004 sampai
dengan 2009 : SDN Jelgung 3
2009 sampai dengan 2012 : SMP Al-Baisuqi
2012 sampai dengan 2015 : SMK Al-Baisuqi
Pendidikan Non Formal:
2009 - 2012 Pendidikan Madrasah Diniyah (MD)
2012 – 2015 Pendidikan Madrasah Tsnawiyah (MTS)
Pengalaman Organisasi
2012 – 2014 Bendahara OSIS
Pengalaman Organisasi
2012 – 2014 Bendahara OSIS
2012 – 2014 PMR
Keahlian Tambahan
Keahlian Tambahan
Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk
dipergunakan sebagaimana mestinya.
[1](
http://www.kopi-ireng.com/2015/05/contoh-kata-pengantar-makalah-bahasa.html
Diunduh 29 Maret 2016)
[3]
( http://adityaajiwardana.blog.st3telkom.ac.id/2014/04/16/sejarah-perkembangan-kalkulator/
Diunduh
31 Maret 2016 )
[4]
( http://asal-usul-motivasi.blogspot.co.id/2011/01/asal-usul-sejarah-kalkulator.html Diunduh 02 april 2016)
[5] (http://forum.winpoin.com/threads/cara-membuat-kalkulator-sederhana-dengan-vb-2010.5072/ Diunduh 31 Maret 2016)
[6] .( http://karmawati-yusuf.blogspot.co.id/2009/01/kalkulator-dalam-pembelajaran_08.html
Diunduh 31 Maret 2016)
artikel ini sangat bagus dan membantu saya yang masi kurang paham akan hal tersebut,sekarang ini saya makin mengerti apalagi ditambah dengan kata kata yang sangat mudah dipahami teruslah berkarya min untuk anak bangsa, sehat selalu dan sukses selalu. terima kasih banyak ya min ^^ ,
BalasHapusjika berkenan mampir juga ya ke situs saya ^ ^ di
bebasqq
bandarq terpercaya
agen domino teraman dan terpercaya
jika ada salah saya dalam hal pengetikan saya meminta maaf sebesar besarnya
terima kasih salam hormat terdalam kami min ^^